Pages

Saturday 12 January 2013

Tips anti bully di kantor

Bekerja adalah sebuah aktifitas untuk memenuhi kebutuhan hidup. Untuk itu setiap orang pasti akan bekerja saat mereka sudah merasa mampu. Tentu saja memulai bekerja adalah impian setiap orang, terutama bagi para jobseeker. Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan saat pertama kali memasuki dunia kerja. Pada kesempatan ini saya ingin berbagi pengalaman tips anti bully di kantor.



1.Siapkan Mental
Setiap lingkungan kerja pasti punya kultur yang berbeda, maka satu hal yang harus dipersiapkan adalah mental. Tidak jarang juga di lingkungan kerja bahkan tidak ada bully. Sebenarnya sebagai orang baru dengan modal mental kita mesti siap menghadapi tekanan. Sebuah konsekuensi logis saat kita masuk di lingkungan kerja yang sudah terbangun bertahun-tahun kita "di uji" sebagai orang baru yang tiba-tiba masuk ke zona nyaman mereka. Ada beberapa tipe bully yang bisa terjadi di kantor melalui bentakan, dipermalukan di depan umum, dan di kritisi habis-habisan. Jadi siapkan mental cobalah tenang menghadapi berbagai tipe bully diatas.

2. Profesional dan jaga performa kerja 
Meskipun anda merasa tidak nyaman saat bekerja dan terus di bully, anda tetap harus menjaga performa dan profesionalisme kerja. Karena jika performa anda bagus lama kelamaan anda akan diakui oleh teman sekantor. 

3. Datang paling pagi
Ini cara yang menurut saya paling ampuh, karena datang paling pagi maka secara psikologis anda menunjukan etos kerja yang bagus. Yang paling penting anda menang secara psikologis, karena lebih rajin dari para pembully. Jadi mereka akan berpikir dua kali jika mau beraksi. Jika konsisten dilakukan percayalah lama kelamaan anda akan terbebas dari bully. 

4. Jaga penampilan
Untuk penampilan usahakan jangan terlalu mencolok dan jangan menyalahi kultur kantor dimana anda bekerja. Karena penampilan adalah barang yang paling kelihatan. Jangan lupa pake parfum, gosok gigi, dan jangan lupa mandi. Kalo bau anda akan dihajar habis dibully selama satu hari, hahaha.

5. Komunikasi dua arah
Saat anda bisa melakukan poin nomor 3, usahakan mulai komunikasi dua arah dengan rekan kerja. Suasana pagi menjadi lebih fresh untuk memulai segala hal dengan positif. Selain pagi hari manfaatkan waktu lunch untuk berkomunikasi dengan rekan kerja. 

6. Jangan datang terlambat/Pulang cepat
Satu hal yang harus dihindari adalah datang terlambat masuk kerja atau pulang cepat. Jika dua hal ini dilakukan bersiaplah menjadi bahan bully se-kantor minimal diomongin di belakang.

Demikian berbagai tips bagi anda yang baru saja memasuki dunia kerja. Semoga bermanfaat, ini adalah hasil observasi selama 3 bulan dikantor :D. 

0 comments: