Pages

Saturday 4 May 2013

Reportase EDU UK 2013, Tips Personal Statement Inside!



Beberapa waktu lalu di jakarta ada pameran pendidikan EDU UK 2013, disana ada berbagai universitas di UK yang membuka stand. Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan berbagai universitas disana yang memang terkenal kualitas pendidikannya. Dalam acara ini ada sharing bikin personal statement dari alumni UK.  Dari presentasi yang diberikan ada beberapa tips yang bisa kita lakukan:. Berikut beberapa tips untuk membuat personal statement.

Perhatikan  gaya penulisan
Dalam menulis personal statement penggunaan bahasa sangat penting, gunakan bahasa formal. Kemudian buatlah menjadi paragraf yang rapi dan teratur. Jangan lupa untuk memperhatikan spelling, grammar dan punctuation motivation letter kita.Untuk mempermudah melakukan editing gunakan software word processing lalu cut dan paste ke dalam application form (jika ada). Dan yang paling penting jangan sekali-kali copy paste dari internet karena hal itu bisa dideteksi dengan software plagiarism detection. 

Konten
Setelah selesai dengan penampilan konten adalah inti dari motivation letter kita. Ibarat makanan yang sudah cantik dari luar tentu rasanya juga harus enak. Itulah konten yang memberikan rasa. Konten motivation letter berisi komitmen, ketertarikan dan minat kita. Kemudian diperkuat dengan analisa yang logis. Dan jangan terlalu deskriptif menyebutkan ini dan itu saja. Lalu kita juga harus memberikan alasan yang relevan berdasarkan skill dan kemampuan yang kita miliki. Untuk lebih memperkuatnya tuliskan juga pengalaman kerja dan hubungannya dengan beasiswa yang ingin kita apply. Tentu saja beasiswa yang kita apply harus sesuai dalam hal meningkatkan prospek karir atau penelitian.

Persiapan menulis personal statement 
Untuk mulai menulis diperlukan persiapan matang. Pertama-tama siapkan waktu untuk berpikir dan merencanakan yang ingin kita tulis. Tulis dengan jelas dan jangan bertele-tele, gunakan kalimat yang singkat, padat dan jelas. Usahakan tidak ada typo ya.. 
Nah untuk mempermudah nulis berikut ada beberapa pertanyaan yang bisa kita pakai untuk mengumpulkan informasi dan materi untuk personal statement.


Jawaban dari pertanyaan diatas penting terutama untuk mengisi konten personal statement kita. Tentu saja itu yang akan menentukan kita qualify atau tidak untuk mendapatkan beasiswa. Sebenarnya ada poin-poin penting di dalam konten personal statement kita yaitu sebagai berikut:
  • Ketertarikan terhadap course/research beasiswa yang ditawarkan
  • Motivasi kenapa melamar beasiswa yang bersangkutan
  • Tidak ada kesalahan spelling dan grammatical
  • Ditulis dengan jelas
  • Balance studies with life sengaja tidak saya indonesiakan you know what i mean kan. Jangan belajar terus dong, harus seimbang dengan kehidupan sosial bermasyarakat.
  • Jadilah orang yang menarik
  • Pengalaman kerja
  • Skill yang mendukung misal (leadership, teamwork, dsb.)
  • Pandangan karir masa depan, ini sangat penting gan
  • Hoby terutama jika relevan dan mendukung beasiswa yang di apply

Demikian tips singkat yang ingin saya bagi, oh iya bagi yang ingin contoh personal statement orang yang udah dapet beasiswa tulis aja email kalian di comment nanti saya kirim. Kebetulan di acara ini alumni UK baik banget ngasih contoh personal letter yang udah pernah lolos Chavening.

Selamat berjuang para scholarship seeker... :D

4 comments:

Anonymous said...

ardiani.rochmah@ymail.com

mau dong dikirim contoh personal statment. makasih.

Unknown said...

Sudah, silahkan cek email mbak...

Erikaris said...

Hai Ibnu, nama saya erika. Apa saya bisa dikirimkan contoh personal statement-nya?
email saya : erikaris87@gmail.com
Terima kasih.

Unknown said...

minta tolong dikirim contoh personal statement nya dong ke ryputri2@gmail.com
thanks