Pages

Tuesday 30 July 2013

Mudahnya Mengurus Visa ke Aussie (Subclass 600 Stream Bussiness Visit )

Saya ingin berbagi sedikit tentang pengalaman mengurus visa untuk keberangkatan ke Australia. Sebagai orang yang pertama kali ngurus visa awalnya saya sempat kebingungan, haha. Selain itu agak gundah dulana juga kalo visa kita ditolak harus apply lagi dan duitnya tidak dibalikin. Biar ga bingung plus gundah mari kita simak step by step dalam mengurus visa khususnya untuk ke Australia.

Terdiri dari 4 step mudah yang memakan waktu sekitar satu hari ke vsf, kemudian hari-hari berikutnya menunggu balasan lewat email. Apa itu vsf? vsf itu adalah perusahaan yang membantu pemerintah dalam melayani visa dan immigrasi. Pemerintah Australia menunjuk vsf sebagai Australia Visa Application Centre atau AVAC.Semua permohonan visa diajukan di kantor AVAC kemudian diteruskan untuk masuk ke tahapan proses di Kedutaan Australia di Jakarta. Semua proses untuk aplikasi visa akan berhubungan dengan vsf.

1)Tahap yang paling penting adalah menentukan apa yang ingin anda lakukan di negara tujuan.
Tujuan anda sangat menentukan jenis Visa yang akan anda apply, jadi harap dipikirkan matang-matang. Ada dua jenis visa yaitu visa sementara dan visa migrasi. Saya akan memberikan sedikit ilustrasi bahwa saya akan melakukan perjalanan ke Australia dalam rangka study visit plus training kurang lebih selama dua minggu.
Nah kira-kira jenis visa apa yang akan saya pilih? Untuk beragam keperluan jenis visa sangat bervariasi tergantung apa keperluan kita di sana. Untuk jenis-jenis visa dapat diliat di http://www.vfs-au-id.com/allaboutvisa.html kemudian baca dengan teliti. Dalam kasus ini termasuk Visa Sementara subclass 600 dengan stream Bussiness visit. Subclass 600 sendiri dapat digunakan oleh "Orang-orang yang bertujuan untuk mengunjungi Australia sementara untuk berlibur, mengunjungi keluarga atau teman, menghadiri rapat, konferensi atau untuk belajar dalam jangka waktu pendek (sampai dengan 3 bulan). Visa ini bukan untuk bekerja atau berobat."
Tiap stream wajib mengisi jenis-jenis formulir yang berbeda, untuk kategori stream Bussiness visit mengisi formulir 1415  bisa dilihat di sini Formulir 1415 

2. Persiapkan dokumen pendukung 
kelengkapan dokumen bisa dilihat di sini checklist, dokumen-dokumen yang dibutuhkan adalah:
  • Aplikasi form 1415 yang telah diisi lengkap
  • Foto kopi paspor (di vfs akan di legalisir terlebih dahulu loket 9)
  • Foto kopi kartu keluarga
  • Foto kopi akta kelahiran
  • foto kopi ktp
  • pas foto 3x4 berwarna
  • Invitation letter dari institusi Australia
  • Surat keterangan bekerja dari institusi asal di Indonesia
Setelah semua persyaratan lengkap, kita dapat memasukkan aplikasi kita melalui counter yang tersedia. Berkas-berkas kita akan diperiksa kelengkapannya. Setelah lengkap kita tinggal membayar biaya administrasinya.
Mudah dan cepat bukan :D

3.Pengecekan status visa
Setelah aplikasi dan dokumen pendukung lengkap kita akan mendapatkan bukti pembayaran besertaVLN number, nomor ini yang nantinya akan dimasukan ke sini https://www.visaservices.org.in/DIAC-GLOBAL-TRACKING/indonesiaBH.html
Untuk visa jenis ini proses akan berlangsung selama 5 hari kerja bisa lebih cepat atau lebih lambat, saran saya lengkapi semua persyaratan di awal sehingga prosesnya cepat dan tidak perlu bolak-balik melengkapi persyaratan.


4.Pengumuman Aplikasi visa
Sejak 1 Juli 2013 Australia telah mengumumkan penerapan kebijakan visa label free, jadi setelah seharian mengurus visa di vfs kita tinggal menunggu email saja, karena hasil aplikasi visa kita akan dikirim via email.
Ini contoh visa saya yang akhirnya di approve...:).

Visa Grant Notice from Australia Embassy
Bagaimana mudah kan ngurus visa ke Aussie, mungkin ada yang tanya vsf itu dimana silahkan cek di sini ada dua kantor di Jakarta dan di Bali. Untuk kantor yang di Jakarta deket dengan halte busway GBK (Gelora bung karno) tinggal jalan sekitar dua ratus meter sampailah ke Plaza Asia.
Ha-hal yang kadang berubah adalah jenis form yang digunakan, rajin-rajin update dan cari informasi ya bisa cek disini. Jenis visa subclass 600 ini adalah pengganti subclass 456.

Semoga bermanfaat

Just Ibn

0 comments: