Pages

Sunday 17 February 2013

Newbie Traveller: Salemba (JKT) - Cipanas (Bogor)

Perjalanan yang cukup dekat sebenernya antara jakarta menuju bogor, tapi perjalanan ini bisa dikatakan perjalanan darurat. Kenapa, karena seharusnya berangkat ke cipanas untuk acara rapat kantor kami semua tentu saja berangkat bersama-sama naek bus. Namun karena ada agenda rapat dengan prof maka saya harus menyusul ke puncak. 

Perjalanan dimulai dari kampus ui salemba, menuju stasiun cikini (Taxi Blue Bird 12k)
Berjarak sekitar 1,4 km sebenernya dekat kalo niat bisa jalan kaki, tapi mendingan naik taksi aja.hehe..
Klik map untuk lebih detail.

Dari stasiun Cikini naik Commuter Line menuju Stasium Bogor (CL 9k)

Menempuh jarak sekitar 56 km perjalana, harus bersabar apalagi kalo penumpang lagi banyak-banyaknya siap-siap berdiri sepanjang perjalanan. Perjalanan ini dapat ditempuh selama waktu 1 jam 26 menit ditambah waktu buat nunggu kedatangan kereta. Tapi enjoy aja.. katanya traveller.. hehe.. 
Klik map untuk lebih detail

Sampai Stasiun Bogor naik angkot 03 menuju terminal Baranang Siang (Angkot 2k)
Selamat datang di kota hujan :D. Setelah sampai di bogor, tinggal naek angkot 03 jurusan terminal Baranang Siang. Sambil menikmati pemandangan di kiri kanan. Sambil liat-liat istana bogor meskipun dari jendela angkot. Lumayan, sejuk.. :D
Klik map untuk lebih detail

Setelah sampai di Baranang Siang kemudian lanjut menuju Cipanas (Colt 13k)

Sesampainya di baranang siang sebenernya juga saat yang tepat untuk mengisi perut. Banyak pilihan makanan disini bagi yang suka wisata kuliner. Oh iya sekedar informasi untuk perjalanan menuju Cipanas bisa menggunakan angkutan colt jurusan Cianjur. Berhati-hatilah saat bertanya, kemarin kami hampir ditipu sama tukang ojek. Katanya colt menuju cianjur hanya sampai jam 4, padahal 24 jam. 
Akhirnya kami mendapatkan informasi yang valid dari abang tukang siomay, tidak ada yang gratis bung.. ini terminal hehe. Akhirnya colt tersebut menjadi tumpangan kami menuju puncak. Untung temen saya bisa bahasa sunda ongkos nya bisa ditawar meskipun cuma turun 2rb. Gapapa lumayan lah..
Akhirnya bejalanlah colt berwarna putih ini, dengan penumpang yang sangat full. Tidak ada space sama sekali di dalam. Harus bersabar empet-empetan, namun pemandangan di kiri kanan tetap tak terkalahkan. Selapas puncak pass, kita bisa menikmati hijaunya kebun teh yang tertata rapih, disana juga ada masjid Ta'awudz yang konon dulu dibangun dari hasil swadaya seluruh masyarakat Jawa Barat. 

Akhirnya setelah perjalanan yang lumayan panjang kami sampai juga di Green Hill. 

Perjalanan dengan ngeteng ini membutuhkan biaya sekitar (36k) perjalanan yang sangat enteng untuk seorang traveller.. tapi disini penulis baru belajar nulis post tentang travelling, besok-besok insyaalloh nulis perjalanan travelling yang lebih jauh deh.

Salam Newbie Traveller... :D

#Just ibn

0 comments: