Pages

Saturday 1 February 2014

Newbie Traveller: Makassar!!! Makanan yang lezat dan keramahan khas warga Makassar

Akhirnya punya kesempatan untuk menginjakkan kaki di kaki pulau Sulawesi.. Ya Ujung Pandang.. Makassar.. :). Kebetulan ada acara untuk menghadiri OSM dan Mastering Class disana jadi sekalian jalan-jalan menikmati kota Makassar. Waktu sekitar seminggu ternyata belum cukup untuk mengeksplor kota Makassar apalagi untuk sampai ke Toraja. Mengingat acara inti trip kali ini untuk seminar ya lumayan lah bisa merasakan makanan khas Makassar yang Awesomee!!!!

1.Makanan
Kalau kita sampai di Makassar saya yakin komentar yang keluar adalah soal makanan yang lezat. Beberapa makanan yang sempat saya icipi diantaranya sop saudara, Pallu basa di Jalan Serigala, Konro karebosi, Sop Konro di Jl.boulevard, dan Kapurung-Baro'bo di Jl.Pattarani. 

Sop Saudara, Konro, Baro'bo & Kapurung Ayam (Yummy)


2.Transportasi
Sebagai seorang traveller transportasi adalah hal yang paling Krusial apalagi kalau budget kita terbatas. Sesampainya di Makassar untuk menghemat budget kita bisa naik Bus Bandara yang mengantar kita ke Kota Makassar. Bus tersebut akan melewati jalan-jalan besar di Kota Makassar. Misalnya Jl.Perintis Kemerdekaan, Jl.Pettarani dst. Tarifnya sekitar 25rb saja. Sesampainya di jalan besar kita bisa naik Pete-pete (angkot) atau taksi (Rekomendasi Boso*a atau Pu*ra). menurut saya itu bisa menghemat budget daripada naik taksi dari bandara.

3.Penginapan
Sebaiknya untuk mencari tempat menginap cari sebelum anda sampai di Makassar. Dengan adanya koneksi internet sangat memudahkan untuk memilih dan mencari penginapan yang kita inginkan sesuai budget. Pada kesempatan kali ini kami menginap di Makassar Guest House karena lokasinya yang cukup berdekatan dengan Clarion Hotel tempat OSM dilaksanakan. Terimakasih google map & mbah google.. :)

4.Tempat Wisata
Dari sekian banyak tempat wisata yang ada di Kota Makassar akhirnya kami bisa men-touchdown dua tempat wisata yaitu air terjun Batimurung & Pantai Losari. Batimurung adalah taman nasional yang ada di kabupaten Maros. Bisa ditempuh sekitar satu jam dari kota Makassar. Kami sangat beruntung karena mbak Muly salah satu panitia menawarkan transport ke Batimurung di hari terakhir kami tinggal di Makassar. Sayangnya karena cuaca yang tidak mendukung (hujan) air terjun Batimurung banjiir. Namun adanya penangkaran kupu-kupu cukup mengobati perjalanan kami menuju baritmurung. 
Dari batimurung kami lalu mampir sebentar ke bandara mengantar teman yang mau take off jam 12 dan 15 lalu perjalanan pun dilanjutkan ke Pantai Losari.
Pantai Losari adalah salah satu landmark kota Makassar. Sebenarnya tidak berbeda jauh dengan Ancol hehe.. Di daerah pantai ini ada Jl.Somba Opu tempat untuk mencari oleh-oleh khas Makassar. Kami datang di hari Imlek jadi tidak semua toko buka. Tapi lumayan lah dapet beberapa cindera mata khas Makassar untuk dibawa pulang :)
Pantai Losari ini mengingatkan saya dengan Freemantle di Perth, suasananya mirip. Sepertinya takdir yang mempertemukan saya dengan kota-kota pelabuhan itu.. 

Batimurung, Losari & Jl.Somba opu
Orang Makassar bilang orang yang makan seafood Makassar pasti akan kembali lagi ke Kota itu... Alhamdulilah pas lunch di acara OSM saya sudah makan seafood banyak (Udang)... Haha...
Sampai jumpa kembali Makassar... Tidak sabar Kembali kesana, semoga ada kesempatan lagi.. :)  


0 comments: