Pages

Friday 6 February 2015

They call it's a lab, No It's Home!

Sudah hampir dua tahun ternyata kerja di IHV, sebenernya ga kerasa juga kok cepet ya berasa kemarin baru biosafety training, eh udah semester 2 aja dan kalo ipk dibawah 3 drop out dari UI #kencangkanikatkepala :). 2014.. what a though year, tapi memberikan pembelajaran berharga, Saat-saat sulit selalu memberikan nafas kedua dan sadar tentang banyak hal berharga yang kita punya.
Pengen nulis hal-hal menarik di IHV tempat pertama saya bekerja, menimba ilmu.dan ketemu orang yang special (muka merah).

1st Biology Molecular stuff
Salah satu momok pas kuliah dulu, karena semua diawang-awang jadi sulit dibayangkan kalo dpraktekan. Apalagi pas skripsi enggak ambil genetika molekuler. Biologi molekuler menjadi bagian tergelap ilmu perbiologian saya. Tapi secercah cahaya risbin 2014 datang, Akhirnya baru ngeh itu toh desain primer, codon optimization, cloning, transformasi, ligasi, ekspresi, dan istilah lain yang tidak bisa saya sebutkan satu2.Ternyata seru juga apalagi dengan pergembangan Synthethic Biology saat ini, you are Gene Engineer Ndees!.

1st Journey to the South
Perjalanan ke selatan Indonesia, yup Perth a beautiful city khususon Swan river. Sebenernya dari dulu pengen buanget ngerasain yang namanya salju. Waktu kesana pas winter clingak-cliguk mana saljunya gan.. Dari dalam bandara, pas pintu kebuka duinginnya poool. Winter coat *pinjaman dipakai. Sejak saat itu saya akan sujud syukur nanti kalo ketemu salju, maybe Kobe haha.

1st Medium Grant
Ide besarnya prof, namun akhirnya diijinkan untuk nulis proposal dengan tema yang lebih spesifik. Alhamdulillah dikasih kesempatan Risbin 2015 *Ingatuangrakyat itu value yang ditekankan ihv jadi kerjakan dengan penuh tanggung jawab, rencanakan dengan baik biar ga buang-buang reagen, dan bisa memberikan kontribusi kembali untuk masyarakat. Ketemu orang-orang dari seluruh Indonesia dengan background dan riset yang beragam lumayan menambah wawasan. 

1st Big Project
Belum pernah terbayang tergabung dalam riset yang melibatkan 4 ilmu kedokteran sekaligus dengan fokus riset virologi-imunologi. Tertantang jelas, apalagi bekal ilmu masih minim jadi terpacu untuk belajar-belajar woy. Karena berada di dalam suatu tim riset maka harus bisa berkontribusi optimal. Mengambil peran atau Ditinggalkan... Itu adalah sebuah pilihan.
Jadi inget "Geodia Team", the best research team I've ever had.. dan teman2 ksk atas bantuannya pas nyari sampel buat sekeripsi.. pada kemana ya sekarang kalian?

1st Flowcyto Experiences
Mesin flow pertama yang saya pegang bernama Marlin, FACS Canto II yang hidup di Royal Perth Hospital. Namanya marlin tapi gambar ikan nemo, sebagai anggota ksk agak gimana gitu. Baru sadar alat ini semacam deep microscop yang bisa melihat sel hingga tingkat ekspresinya. Kalau ada yang mau bikin grup, mailing list, atau diskusi tentang flow saya sangat-sangat mendukung. Kemampuan troubleshooting linier dengan pengalaman pakai alat.
Apalagi banyak alat baru yang dibeli berbagai pusat riset di Jakarta. Sehingga riset di Indonesia juga turut maju, diagnostik semakin efektif, dan apalagi kalau kita bisa mulai berinovasi. 

1st lab with Big History
setelah denger cerita sejarah tentang pendirian lab ini, saya sampai pada kesimpulan politic is kampret. Mari kita tunggu buku yang membahas dinamika politik dan science. Great lesson for the future generation, we should create better research environment in our beloved country, sambil pake gaya marthin luther king ngomong I have a dream tapi sambil tidur beneran.. zzzz...

But, It's my 2nd Home Now... 

"Rumah tempat terlahir, dididik, belajar tentang nilai-nilai integritas, tanggung jawab, kerjasama, dan saling menghargai. Dimanapun berada nanti disanalah tempat untuk kembali untuk berkontribusi"



0 comments: