Pages

Saturday 29 June 2013

Soe Hok Gie masa kini di Kampus Perjuangan


Beberapa waktu lalu saya sempat diskusi dengan wakil direktur institut. Beliau adalah seorang dokter sekaligus peneliti, tentu saja seorang maestro di ranah riset biomedik. Mungkin saya menganggap beliau sebagai role model scientist yang patut dicontoh. Untuk soal idealisme dan nasionalisme tidak tau kenapa sepertinya saya bertemu dengan Soe Hok Gie dalam bidang riset, hehe.
Tentang karir sebagai peneliti beliau berpesan mumpung masih muda kita harus semangat dan mau bekerja keras. Kenapa? alasannya adalah dana riset yang digunakan adalah dana masyarakat. Jadi kita harus berusaha seoptimal mungkin agan kita bisa menghasilkan produk atau informasi sebagai output penelitian. 

Pesan beliau yang lain adalah "Jadilah ahli, maka cepat atau lambat nasibmu akan berubah". Bagaimana kita bisa menjadi ahli, tentu saja dengan fokus dan usaha yang tidak main-main. 
Beliau sempat juga bercerita tentang perjuangannya pas PhD di Australia.Selama lima tahun, bener-bener hidup dalam lab. Ngelab dari jam 7 pagi sampai jam 12 malam kadang jam 4 pagi, hingga harus menginap di lab, beratnya PhD cah... tetapi juga ditekankan pengalaman kerja selama lima tahun lah yang sebenarnya sangat mahal. Yaitu pengalaman riset... :D.
Untuk penelii muda dan masih minim pengalaman seperti saya ini saran beliau sangat memotivasi. Dan untungnya sejalan dengan apa yang saya pikirkan. Bahwa saat ini sebaiknya segera melanjutkan S2, lalu kalau ada kesempatan lanjut S3/PhD, setelah itu penelitian Post Doc. Selanjutnya saatnya untuk berkarya..
Lebih jauh beliau juga memberikan masukan tentang sangat dibutuhkannya orang yang fokus di Clinical Immunology, beliau bilang.. Indonesia butuh orang seperti "Prof" untuk mengembangkan riset disini (Prof saya yg dari UWA). Berarti beruntung sekali saya bisa belajar langsung dari prof, cuma dari komunikasi short essay terakhir saya #gagalpaham :(. 
Tetapi bukan berarti gagal paham terus semua berhenti kan? mengingat papan warna hijau di kampus Salemba, Saatnya kembali mengumpulkan segenap asa untuk kembali berjuang di Kampus Perjuangan. Terimakasih Soe Hok Gie Masa Kini.....

Papan Besar di Kampus UI Salemba
Sumber Gambar: ini

0 comments: