Pages

Saturday 3 November 2012

EHEF 2012 JKT #Reportase



Bertempat di Thanrin Nine, sebagai pergerakan aji mumpung pas di Jakarta. Acara ini sangat sayang untuk dilewatkan bagi para dreamer seperti  saya. Kapan lagi bisa melihat Europe dari dekat ::D. Ini pameran universitas kedua setelah di Jogja, kala itu di Wanitatama. Menurut saya acara kali ini cukup besar melihat banyaknya peserta yang ikut ambil bagian. Sekitar 14 negara yang ikut serta dalam EHEF 2012 ini.
Sebagian besar yang ditawarkan sebenarnya untuk menarik minat calon mahasiswa Indonesia untuk datang ke Eropa. Mungkin terlintas di benak kita bahwa untuk belajar di sana itu sangat mahal. Untuk yang satu ini kata sangat bisa dihilangkan. Cukup mahal saja, namun di samping itu kebanyakan di negara-negara Eropa mempunyai beragam program untuk membantu mahasiswa dalam menyelesaikan studinya. Dalam hal keuangan terutama. Ada insentif dari pemerintah, tawaran bekerja part time, dsb. Memang untuk menggapai cita-cita yang tinggi diperlukan pengorbanan. Tetapi tetap saja seperti kebanyakan program kuliah dimanapun ada persyaratan umum maupun persyaratan khusus. Secara umum yaitu untuk bisa tinggal di suatu negara seorang calon mahasiswa harus memenuhi kriteria yang ditentukan tiap-tiap negara tujuan. Seperti masalah visa, jumlah deposit minimal dsb. Secara khusus tentu calon mahasiswa yang dimaksud dinyatakan diterima di Universitas yang dipilihnya.
Dalam pameran kali ini saya lebih tertarik dalam memahami berbagai beasiswa yang ditawarkan tiap negara maupun konsorsium Uni Eropa itu sendiri. Konsorsium Uni Eropa memiliki program beasiswa yang cukup familiar di telinga kita. Yaitu Erasmus Mundus, sebuah program beasiswa yang unik. Karena program ini berbasiskan pada program keilmuan yang dipilih. Misalnya marine ada EMB, dan masih banyak lagi. Yang tidak kalah menarik Erasmus Mundus itu dalam proses seleksinya sebagian besar hanya menggunakan seleksi administrasi saja. Jika ingin lebih tau banyak tentang Erasmus cekidot aja disini untuk FAQ (Frequently Asked Question) tentang program ini. 
Untuk para Scholarship hunter ataupun Course hunter (Seperti saya)..
Silahkan cek beberapa lembaga pendidikan negara terkait:

Inggris : British Councill
Jerman : DAAD
Belanda : Neso Nuffic
Austria : OeAD
Negara2 lain di Eropa: bisa dilihat informasinya di tiap-tiap Embasy

Semoga bermanfaat,

Yang membatasi mimpi mu untuk ke Eropa hanyalah Jarak, Dengan izin Alloh kesempatan itu bisa datang semudah mengetik nama negara di google search enggine (Dengan izin Alloh tentunya) -just ibn



0 comments: