Pages

Friday 16 March 2012

Aufklarung Bioprospekting!

Tepatnya 1-3 maret lalu dengan biaya workshop 500rb :p (kelas berat buat S1) ikut workshop Bioprospekting Senyawa Bioaktif dari Laut. Sebuah perjuangan dikala mengumpulkan pundi2 rupiah untuk bisa ikut workshop ini. Di workshop ini banyak dapet pencerahan tentang penelitian yang udah selesai kami lakukan (Tim Geodia Red.) mulai, Pengertian senyawa bioaktif dalam frame bioteknologi, prinsip dasar KLT (Kromatogrfi Lapis Tipis), Optimasi KLT, Teknik separasi dengan kromatografi kolom, dan Bioassay.
Dengan tutor yang menurut saya seangat kompeten Ibu Noer Chasanah (lulusan Missisipi University) & Pak Alim Isnansetyo (lulusan Jepang) menjadikan nilai lebih workshop ini semakin bermakna. Pengalaman beliau di luar negeri memberikan paradigma bahwa meskipun kita di Indonesia dengan segala keterbatasan alat tapi kita ga boleh kalah sama peneliti luar. Solusinya ya Collaborative research. 

Lagi Biru laut, Pijakan menuju mimpi yang lebih besar..

Dari workshop ini jadi dapet inspirasi untuk ngelanjutin penelitian spons Geodia karena hingga kini masih dalam tahap crude extract kata buNoer:

"Crude Extract is the most complicated mixture inthe world"

maka berbagai penyempurnaan metode perlu dilakukan di berbagai aspek ekstraksi, isolasi, dan purifikasi. Dari worshop ini serasa mendapat semangat baru setelah ketemu orang-orang yang fokus ke kelautan dari seluruh Indonesia dengan berbagai keunikan karakter. Semoga ilmu yang diperoleh disini berkah, amiien :D.

Moving forward, Indonesian marine biotechnology!

0 comments: