Pages

Friday 2 March 2012

Semangat Terbarukan






Buat pertamina, pinjem slogannya bentar.. setidaknya nemu slogan bagus dalam bahasa indonesia. Masih dalam suasana kampus UGM dan sekitarnya. Kebetulan kamis hingga jum'at ini disibukkan sama workshop bioprospekting di perikanan. Tapi di postingan berikutnya aja detailnya baru Sabtu, 2 maret 2012 workshopnya rampung. Cuma ngerasa dapet banyak hal aja disini, sebenarnya ikut workshop ini dalam rangka berguru menuju tunggku dan wajan penggorengan (S1-mesti mudeng).
Serasa ngecharge semangat lagi, pas ketemu banyak orang dari seluruh indonesia dan pasti uniknya sebagian besar S2, Dosen, bahkan Professor. Kayaknya saya satu diantara 3 mahasiswa S-1 yang ikud, tapi jurus menyusup membuat saya dianggap dipanggil Pak :D.Jadi saya memutuskan pede aja, kapan lagi bisa diskusi plus nambah ilmu.
Beberapa hari, minggu atau bulan lalu.. masih segar dipikiran saat presentasi Hibah Mahasiswa 2011, pas monev akhir "Biologi Bisa Neliti ini Po?" dengan menyala-nyala meyakinkan Juri kami bisa bu dan ini buktinya. Lalu momentum seleksi hibah TP3F Biologi UGM, di bombardir dengan berbagai pertanyaan dan saran, hasilnya.. Saya gagal dan diragukan dengan penelitian itu. Kembali di era 2010 ga ada yang begitu percaya saat saya diberi amanah di organisasi, bahkan teman seangkatan-pun kala itu malah membombardir saya dengan banyak tuntutan. Flashback saat setelah lulus dari SMA kala itu, pernah ditanya tetangga. "Mau kuliah dimana?" Jawab:UGM, "tetangga itu tersenyum seakan meremehkan". 
Dan kini saat langkah ini perlu sedikit lagi kerja keras untuk menyelesaikan studi, memori itu kembali mengingatkan saya. Berbagai flashback diatas tentu ada yang membangun, membangkitkan, motivasi, bahkan ada yang sampai membuat air mata tak kuasa untuk tertahan. Sebuah realita yang saya terima, karena saya memang bukan siapa-siapa. Saat itu ya terima-terima aja ga ada rasa benci sejangkal-pun. Kini memori itu seakan berputar kembali, ditengah-tengah ngerjain naskah pikiran malah kemana-mana mempertanyakan kembali hal-hal yang sudah terlewat. Pada akhirnya ketidak ikhlasan dan ngerasa gak ada keadilan mengemuka. Sebuah pertanyaan yang harus segera terselesaikan saat ini.
Nah, pas workshop itu ketemu Mas Untung, Dosen Unpad Ber-Genre Molekular Kelautan Laut Dalam, kalo di bidang bioteknologi hampir seperti musik cadas di blantika musik :D. Pas denger pengalamannya setelah lulus kuliah sampe sekarang "bagus banget". Quote-nya "lakukan semua tanpa beban, sabar dan ikhlas sama Jalan yang dikasih Alloh". Terus pas khotbah jum'at pak khotib tuh bercerita panjang lebar tentang mencintai Rasullullah. Pasti pada tau-kan saat Rasullulah meninggal apa yang beliau sebut, ummati-ummati-ummati Quote-nya "kalau kita membenci umat Rasullullah maka kita membenci Raullulah". Begitu cintanya beliau dengan umatnya, dan umat beliau tu siapa sih ya seluruh muslimin/at. Lagi pas nonton TV eh nemu tu Kick Andy bahas "Negeri 5 Menara" Quote-nya "Man Jadda Wa Jadda, itu tidak hanya sebatas mimpi tapi juga kerja keras yang sungguh-sungguh"

Kalo coba kita bikin kalimat utuh: 

"kalau kita membenci umat Rasullullah maka kita membenci Raullulah"-JADI- "lakukan semua tanpa beban, sabar dan ikhlas sama Jalan yang dikasih Alloh"-INGATLAH-"Man Jadda Wa Jadda, itu tidak hanya sebatas mimpi tapi juga kerja keras yang sungguh-sungguh"

Masih inget banget pesen Ibu Sri Mulyani (bukan menteri keuangan Gan!) beliau guru bahasa indonesia SMA 4 Yk. Ayat-ayat Alloh itu bertebaran di seluruh muka bumi. Menurut saya dengan keterbatasan ilmu yang saya miliki, mungkin lebih kepada pengamalan ayat-ayat Alloh dalam kehidupan sehari-hari. Sebuah formula luar biasa alasan kenapa kita harus selalu berpegang pada Al-Quran plus Sunnah Rasul. Sebuah puzzle jawaban, yang seharusnya menyadarkan untuk bersyukur atas apa yang kita dapat, memperkuat ikhtiar kita, sabar dalam istiqomah, dan meminta petunjuk-Nya dalam doa.
Untuk tokoh-tokoh dalam postingan ini terimakasih banyak atas pembelajaran yang anda berikan, seutas kata maaf dalam prasangka buruk saya, nama-nama yang tercantum adalah nama sebenarnya bukan sinetron iki gan :p. Hidup adalah tentang berproses menjadi pribadi yang lebih baik, selalu  berharap jalan lurus dalam keberkahan.

Semangat Dalam Keberkahan-Nya, Semangat Terbarukan!





0 comments: